Pengertian Gain, Attenuation dan Noise - akungene

share knowledge about all the lessons I ever learned

Pengertian Gain, Attenuation dan Noise

Gain, Attenuation dan Noise - Berikut dibawah ini adalah penjelasan tentang Gain, Attenuation dan Noise. Materi ini adalah pelajaran saya diwaktu kelas 10. untuk memudahkan anda dalam pembelajaran, dibawah artikel ini saya berikan power point tentang Gain, Attenuation dan Noise.

Penjelasan


Gain (Penguatan)

Adalah suatu besaran yang dihasilkan oleh perbandingan antara besar sinyal keluaran dan sinyal masukan dalam bilangan logaritmis 10 dengan satuan dB, dimana sinyal keluar lebih besar dari sinyal masuk.


  • P2 = 1000 mW ; P1 = 20 mW
  • G = 10 log P2/P1 dB
  • G = 16,99 dB


Sinyal keluaran (P2) lebih besar dari pada sinyal masukan (P1) dan hasil logaritmis perbandingannya adalah positif maka blok sistem atau subsistem tersebut dinyatakan memberikan penguatan / Gain.

Attenuation (Redaman)

Adalah suatu besaran yang dihasilkan oleh perbandingan antara besar sinyal keluaran dan sinyal masukan dalam bilangan logaritmis 10 dengan satuan dB, dimana sinyal keluar lebih kecil dari sinyal masuk.

  • P2 = 20 mW ; P1 = 100 mW
  • G = 10 log P2/P1 dB
  • G = -6,99 dB
Sinyal keluaran (P2) lebih kecil dari pada sinyal masukan (P1) dan hasil logaritmis perbandingannya adalah negatif maka blok sistem atau subsistem tersebut dinyatakan memberikan redaman / Loss

Attenuation (redaman)

  1. Attenuation adalah melemahnya sinyal yang diakibatkan oleh adanya jarak yang semakin jauh yang harus ditempuh oleh suatu sinyal
  2.  Attenuation sebanding dengan panjang dari medium. Melipat gandakan panjang medium maka akan melipatgandakan juga total Attenuation yang terjadi.
  3. Pada gelombang elektromagnet, Attenuation merupakan berkurangnya intensitas radiasi gelombang elektromagnet akibat absorpsi dan scattering.
  4. Energi untuk merambat akan berkurang akibat absorbsi dan scattering sehingga daya jangkaunya akan berkurang.
  5. Attenuation pada fiber optik disebabkan oleh absorbsi, hamburan atau scattering, dan bending.


  6. Attenuation pada transmisi menggunakan kabel disebabkan oleh tahanan kabel. 
  7. Tahanan dari suatu bahan bergantung pada panjang, luas penampang, dan jenis bahan tersebut.

Noise

Adalah sinyal-sinyal yang tidak diinginkan yang selalu ada dalam suatu sistem transmisi. Noise ini akan mengganggu kualitas dari sinyal terima yang diinginkan dan akhirnya mengganggu proses penerimaan dan pengiriman data.
Ex :
Thermal Noise = noise akibat adanya efek panas



Sekian postingan tentang  Gain, Attenuation dan Noise. Kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga bermanfaat...... 

Share :

Facebook Twitter Google+

Back To Top